Senin, 19 Maret 2012

Cara Merakit Komputer


Sebelum kita mulai merekit PC, pastinya kita harus membeli koponen-komponennya terlebih dahulutetapi kita harus membeli sesuai dengan kebutuhan kita saja . Komputer atau PC sekarang dibagi menjadi 3 tingkatan :
  1. Kelas Performance/ Kelas Tinggi : Yaitu computer yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan berat  contohnya untuk membuat 3D , Video editing, Multimesia maker,dll. Biasanya ciri-ciri PC kelas Tinggi ini RAM dan VGA cardnya sudah Tinggi dan prosesornya sudah memakai kelas Intel Core dan AMD Athlon 64 FX dan X2 keaatas.
  2. Kelas Mainstream/ Kelas Menengah : Biasanya Komputer kelas ini digunakaan untuk video editing tapi hanya sekedar hoby atau untuk pembuatan progam. Biasanya ciri-ciri PC kelas menengah ini meenggunakan processor Intel Pentium D & 4, serta AMD Athlon 64.
  3. Kelas Value/ Kelas Bawah : Biasanya penggunaan PC ini hanya untuk mengetik/office,Hiburan dalam arti untuk memutar music/ Video dan untuk pembelajaran anak-anak. Biasanya ciri-ciri PC kelas bawah cukup dengan menggunakan prosesor Intel Celereon dan AMD Sempron.

Urutan memilih komponen PC yang akan kita rakit :
  1. Menentukan jenis prosesor apa yang akan kita pakai.
  2. Menentukan/ memilih motherboard yang sesuai dengan prosesor tersebut.
  3. Memilih memory/RAM yang setara dengan kecepatan prosesornya.
  4. Kalau ingin memilih VGA non non on board/ VGA card, pilih sesuai dengan kelasnya.
Merakit PC :
Menyiapkan Chasing PC
Lepas tutup bagian samping kanan dan kiri chasing dengan melepas sekrup pada bagian pinggir belakang chasing. Selanjutnya tarik ke belakang sedikit bagian samping tersebut. Lepas bagian sepan chasing untuk membuka bagian tutup depan rak device agar dapat mengatur pemasangan cD ROM dan Floppy disk. Cek tombol on/off power ysng terdapat di bagian depan chasing.

Memasang prosessor di motherboard
Pasang prosessor dengan membuka kunci dudukan prosessor. Tekan sedikit tangkai penguin yang yang berada di samping socket kea rah bawah.alihkan sedikit ke bagian samping socket( ke bagian yang tidak terhalang ) dan angkat ke atas sehingga posisi tangkai pengunci tegak lurus.  Setelah pengunci dibuka, masukan prosessor.  Kunci kembali socket. Penguncian dilakukan dengan menekan kembali tangkai pengunci sehingga terkait kembali dan posisinya kembali seperti semula.

Memasang head sink/kipas CPU di motherboard
Beri pasta khusus untuk pendingin pada bagian atas prosessor yang akan dipasang heat sink. Pasang pengunci yang terdapat pada heat sink ke bagian pinggir kanan dan kiri socket dengan menekannya hingga terkait.

Memasang Motherboard/Mainboard pada chassing
Sebelum memasang motherboard, lepas tempat I/O pada chasing. Jika tidak dilakukan maka anda akan kesulitan saat memasang motherboard. Pasang pin penyanggah pada chasing untuk menyanggah motherboard agar tidak menyentuh badan dhasing secara langsung yang mengakibatkan hubungan arus pensek/konslet. Tempatkan motherboard pada chasing. Letaknya disesuaikan dengan lubang dan pin penyanggah.  Pasang sekrup pada motherboard sehingga motherboard terkunci dan tidak goyang.

Memasang floppy disk 3.5 pada chasing
Masukan floppy disk dari arah depan yang telah dibuka sesuai kondisi rak divice.  Sekrup bagian samping kanan dan kiri floppy disk ke badan rak device hingga kondisi floppy disk tidak goyang / bergerak. 

Memasang CD ROM pada chasing
Masukan CD ROM yang telah dibuka sesuai kondisi rak divice.  Sekrup bagian samping kanan dan kiri CD ROM ke badan rak device hingga kondisi CD ROM tidak goyang/ bergerak. 

Memasang harddisk pada chasing
Masukan harddisk dari arah belakang rak device. Sesuaikan dengan kondisi rak device. Letakkan harddisk di bawah floppy sidk/ saturak sengan  floppy sidk. Sekrup bagian samping kanan dan kiri harddisk hingga kondisi harddisk tidak goyang/bergerak.

Memasang memori / RAM pada motherboard
Buka pengunci yang berada di kedua ujung slot RAM. Letakkan RAM di tengah-tengah socket dengan kondisi tegak lurus. Tekan RAM hingga bagian kaki-kaki memori terbenam ke dalam slot. Setelah RAM terpasang, tekan pengunci slot kearah RAM sehingga kondisi RAM terkunci dan tidak bergerak. Memasang kabel power supply.

Tidak ada komentar:

Web Hosting

Awan Kintown